Ketika aliansi Sekutu sudah diambang kekalahan, Amerika muncul sebagai penyelamat mereka. Pada 21 Maret 1918, Jerman melancarkan besar-besaran ke wilayah Sungai Somme. Serangan ini dirancang oleh Jenderal Hiddenburg dan Ludendroff untuk memenangkan perang. Dalam beberapa hari Jerman terus maju menguasai wilayah itu. Serangan berkahir setelah Jerman merebut 56 km dari wilayah sejauh 56 km. Di sini Amerika memerankan peran penting untuk mempertahankan pasukan sekutu, dua ribu orang Amerika berperan besar mencegah serangan besar Jerman memukul jauh pasukan sekutu.

Pada tanggal 27 Mei, Jerman kembali menyerbu dengan pasukan besar, kali ini di sepanjang Sungai Aisne. Terlihat Jerman begitu bernafsu untuk segera menyudahi peperangan ini dengan kemenangan. Selama satu minggu Prancis mundur dari wilyaha itu. Medan pertempuran kembali lagi di Sungai Marne di Chateau Thierry, yang berjarak hanya 71 km dari Paris.

Untuk menghentikan serangan besar Jerman tiga divisi AS diterjunkan untuk beraksi di Chateau Thierry, Cantigny, dan Belleau Wood. Divisi ini ditugaskan untuk bertahan ataupun melakukan serangan balsan ke Jerman. Usaha yang dilakukan tiga divisi tempur AS yang dibantu pasukan veteran Prancis Inggris menghasilkan hasil, dengan berhentinya serangan gencar Jerman pada 6 Juni 1918.

Pada tanggal 15 Juli, Jerman memulai kembali serangan gencarnya. Akan tetapi, pertempuran ini keadaannya berbalik. Pasukan Prancis yang dibantu pasukan Amerika berhasil menghancurkan sayap barat Barat barisanJerman dari utara Chaeteau Tierry. Pasukan Jerman kemudian berlair ke wilayah Aisne untuk menghindari direbutnya tempat itu.

Akhir Perang Dunia 1

Bergabungnya Amerika ke dalam aliansi Sekutu ternyata berhasil membalikkan keadaan perang. Pasukan sentral yang awalnya mendominasi, perlahan-lahan dapat disaingi oleh pasukan sekutu.  Meskipun kekuatan sekutu sudah dikurangi oleh Rusia yang pada 3 Maret menarik diri dari peperangan, akibat dari penarikan diri ini Rusia kehilangan wilayah Polandia dan hampir semua wilayahnya yang berbatasan dengan Laut Baltik.

Pada tanggal 8 Agustus, Inggris memulai serangan di sepanjang Somme. Korps Kanada kemudian mendesak 13 km pada hari pertama. Ini merupakan salah satu kemajuan terbesar sekutu dalam melawawn pasukan sentral. Sebulan lebih sekutu mendapatkan 100.000 tawana dan mengakibatkan Jerman mundur secara penuh.

Ketika Jerman telah berhasil dipukul mundur, aliansi sekutu mempersiapkan serangan besar terakhir untuk menyudahi perlawanan aliansi sentral. Bulan September 1918,pasukan Amerika merebut St.Mihiel. suatu serangan melalui hutan Argonne, dilakukan sekutu yang kemudian berlanjut ke arah Utara di sepanjang Meuse dari Verdun menuju Sedan, serangan ini dimulai tanggal 26 September dan diteruskan hingga November.

Saat Jerman menerima serangan balasan dari Sekutu, secara mengejutkan aliansi sentral juga runtuh. Bulgaria menandatangani gencata senjata pada 30 September, kemudian disusul oleh Turki Utsmani pada 31 oktober. Italia yang berhasil bangkit dari kekalahan Ca[orretp dapat mengalahkan Austria-Hungaria, yang akibatnya Austria Hingaria diberi genjatan senjada pada 3 November 1918. Gencatan senjata yang diberikan kepada Austria-Hungaria ini mengharuskan pembuabaran pasukan, menyerahkan wilayah yang luas, dan menyerahkan sebagaian angkatan lautnya. Ini juga menandai keruntuhan imperium Austria-Hungaria.

Sebelum dan Sesudah Perang Dunia 1 
Front dalam negeri Jerman runtuh ketika tentaranya mundur dari semua front pertempuran. Pada 3 Oktober penguasa Jerman memohon gencjatan senjata. Armada Jerman di Kiel melakukan pemberontakan. Para sosialisIndipenden di Berli waktu itu menolak mendukung kembali pemerintah. Para penguasa kerajaan Bavaria dan Wurttenberg turun tahta. Kaisar Jerman turun dari tahntanya pada 9 November dan melarikan diri ke Belanda. Pada 11 November Jerman menandatangani genjatan senjata umum.

Syarat-syarat yang diminta oleh Sekutu untuk mengabulkan permintaan genjatan senjata Jerman sangatlah berat. Tentara Jerman harus menyerahkan seluruh kapal selam dan persediaan militer keapda sekutu. Jerman harus menyerahkan tawanan mereka dan mengganti seluruh kerugian perang. Konferensi perdamaian Paris menyusun rencana untuk mengakhiri Perang Dunia 1 pada 1 Januari 1919. Semua negeri yang ikut berperang mengirimkan perwakilannya. Salah satu keputusan dalam konferensi tersebut adalah pembentukan liga Bangsa-bangsa.

Perjanjian Versailles
Perjanjian Versailles
Pernjanjian diberikan kepada delegasi Jerman di Versailles pada 7 Mei 1919, salah satu isi perjanjian ini merupakan pernyataan penerimaan syarat yang diberikan sekutu kepada Jerman untuk mengganti seluruh kerugian perang. Meskipun sempat menolak, akhirnya pada 28 Juni 1919 pernjanjan itu ditandatangani delegasi Jerman. Perjanjian dengan Austria ditandatangani pada 10 September 1919, di St. German. Perjanjian dengan Bulgaria pada 27 November 1919, dan dengan imperium Utsmani di Severs pada 10 Agustus 1920.

Dengan ini Berakhirlah Sudah Post Tentang Kronologis Perang Dunia Pertama, Yah Post Nya Terlalu Banyak, Tapi Maaf ~ Karena Sudah di Bagi Ke Beberapa Bagian agar Para Pembaca Mudah Untuk Meneelah dan Membaca Isinya :v 😪😴🙀

Btw Itu Fotografer Perang Dunia Pertama Greget Juga Yah, Berani Ngefoto Gitu Dalam Keadaan Perang, Ga Takut Apa ? Pas Lagi Foto eh Tertembak Sniper ~, Kan Rasa"nya Jadi kayak Mati Konyol Gitu :v

Sumber :