Jenis Jenis Metode Menginstal Sistem Operasi ( Operating System ) :

1.Clean Install












     Instalasi Sistem Operasi Baru adalah Melakukan Sistem Operasi dengan Menghapus Data lama Yang Sudah Ada atau Pada Saat Pertama Kali Melakukan Instalasi Sistem Operasi . Opsi Ini Dapat digunakan Apabila Jaringan yang Dibangun adalah Jaringan Baru , ataupun adanya Penambahan Perangkat Server Baru yang Tidak Mendukung Sistem Operasi Jaringan yang ada Saat ini .  Selain Itu Rusaknya Sistem Operasi Juga bias Menjadi Dasar Mengapa Harus Melakukan Instalasi Baru . Jika Memilih Opsi Ini Maka Semua Data pada Partisi terpilih akan Dihapus Secara Permanen .

2.Upgrade








     Upgrade adalah Metode Instalasi Yang Bertujuan Untuk Menambah File Database / Pembaruan Tertentu tanpa Harus Menghapus Sistem Operasi yang Lama . Opsi ini Banyak digunakan Pada Sistem pada Sistem system Jaringan yang Sudah Berjalan . Opsi ini Dilakukan Biasanya karena adanya Perbaikan Fitur yang ada Pada Sistem Operasi yang Digunakan , Termasuk Juga Karena Fitur Baru Yang Memang Diperlukan . Dengan Memilih Opsi ini Aplikasi yang Sudah Terinstal Sebelumnya Kemungkinan akan tetap dapat Digunakan Setelah Upgrade . Opsi Upgrade ini Hanya akan Mengganti File File Sistem Operasi Sebelumnya dengan Yang Baru .

3.Multi Boot











     Multi Boot adalah Sebuah Metode Instalasi Sistem Operasi Dimana Nantinya akan Ada 2 Sistem Operasi yang Bisa Berjalan Dalam 1 Komputer , Apabila User Menginginkan Adanya 2 Sistem Operasi Dalam 1 Komputer , Maka Opsi ini Dapat Dipilih Untuk Menggunakan Lebih dari 1 Sistem Operasi . Contoh : Windows dan Linux Debian dalam 1 Komputer Sehingga Kita Bisa Menggunakan Windows / Linux Sesuai Dengan Keinginan . Akan Tetapi Setiap Sistem Operasi akan Ditempatkan Pada Partisinya Masing Masing . Oleh Karena Itu , Perlu ada Persiapan Partisi Sebelum Melakukan Instalasi Multi Boot .

4.Virtualisasi








     Virtualisasi Ini Merupakan Teknik yang Memungkinkan Instalasi Sistem Operasi Dilakukan Atas Sistem Operasi yang Ada Saat ini . Metode Ini Biasanya Menggunakan Aplikasi Tertentu yang Sudah Terinstal kemudian Kita Melakukan Instalasi Sistem Operasi Dalam Aplikasi tersebut . Oleh Karena itu , Instalasi lebih dari 1 Sistem Operasi Juga Dimungkinkan dengan Teknik Ini . Beberapa Aplikasi Yang Memungkinkan untuk Membuat Sistem Virtual adalah Virtual Box , VMWare , dan Virtual PC . Biasanya Virtualisasi Digunakan Untuk Belajar Cara Melakukan Instalasi Sistem Operasi / Ujian Nasional Berbasis Komputer .